Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak


sd-annizam.com
Jum'at, 4 Oktober 2013


Foto : Bpk Darwis Bersama Para Murid

sd-annizam.com, Medan - Pengaruh motivasi orang tua terhadap pendidikan anak sangat besar sekali. Hal ini dapat kita ketahui berdasarkan pengalaman pribadi sebagai orang tua atau pun berdasarkan penelitian empiris. 

Jadi, bagi Anda yang saat ini sudah menjadi orang tua, maka Anda sangat berperan dalam keberhasilan pendidikan anak Anda. 

Jangan sampai, setelah Anda kirimkan ke sekolah, kemudian tanggung Anda sudah selesai. Terlepas latar belakang ekonomi Anda, yang terpenting adalah bagaimana sikap Anda terhadap pendidikan anak-anak Anda. 

Bukan masalah apakah Anda sudah memenuhi semua kebutuhan biaya atau tidak, namun yang terpenting adalah masalah bagaimana cara Anda mendorong supaya anak Anda berhasil dalam pendidikannya.

Seorang anak akan mudah untuk berprestasi dalam pendidikannya jika mendapatkan bantuan dan dorongan dari orang tua. Bantuan dan dorongan tidak sekedar membantu mengerjakan PR saja. Bukan hanya memenuhi kebutuhan materi saja. Namun yang lebih penting adalah bagaimana agar terciptakan kondisi yang kondusif sehingga Anda terdorong untuk berprestasi dan merasa nyaman. 

Kemudahan itu bukan hanya masalah fasilitas saja. Namun kemudahan secara psikis juga sangat penting. Anak Anda tidak dibebani dengan beban psikis yang muncul di rumah tangga. Beban psikis bisa muncul dari beban yang berlebihan termasuk hubungan antar keluarga yang kurang harmonis. 

Dorong secara langsung dengan lisan juga sangat penting. Berikan anak kita pemahaman akan pentingnya pendidikan, bahkan jauh lebih penting untuk masa depan. Namun bukan dengan pemaksaan. Kuncinya adalah pemahaman. Pelan-pelan namun dilakukan secara terus-menerus dengan komunikasi yang baik. 

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar ? 

Pertanyaan yang sering muncul adalah tentang cara memotivasi anak. Itu sangat penting. 
Tekniknya cukup sederhana, yaitu bercerita. 

Ada berbagai kisah sukses dan kisah menyedihkan yang bisa disampaikan berkaitan dengan pendidikan. Bagaimana sebuah keluarga bisa berhasil karena mereka berjuang dengan pendidikan. Sebaliknya, bagaimana sebuah keluarga berakhir dalam kesedihan karena mengabaikan pendidikan. 

Tapi pendidikan saja tidak cukup. Pendidikan itu tidak menentukan sukses atau tidak. Tetapi, kesuksesan ditentukan bagaimana kita mengaplikasikan ilmu yang sudah kita dapatkan. 

Jika dulu, memiliki pendidikan adalah sebuah keunggulan. Sekarang menjadi keharusan bagi kita, bahkan menjadi syarat dasar. 

Pendidikan tidak menentukan sukses, tetapi tanpa pendidikan akan lebih sulit lagi. Jadi didiklah anak-anak kita, karena pendidikan modal masa depan mereka. [mh/vis]


____________________________________________


INDONESIA :

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62 
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605

Contac Person : 0823 6613 3650
Facebook :  annizams@gmail.com
Twitter  : @sd_annizam

0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam