SD An-Nizam Ikuti STUDI WISATA Sumatera Barat

sd-annizam.com



Foto : Rombongan Dinas Pendidikan Medan Denai Sedang Foto Bersama


sd-annizam.com, MedanProvinsi Sumatera Barat banyak memiliki tempat – tempat Wisata yang sangat Indah dan bisa di katakan bertaraf Internasional, Objek Wisata di Provinsi ini tersebar hampir di setiap Kabupaten Kota, dari mulai Wisata Alam, Sejarah dan Budaya akan membuat pengunjung merasa terkesan jika melakukan Liburan di Provinsi tempat kelahiran Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Bunga Hatta.

Dinas Pendidikan Medan Denai melaksanakan kunjungan studi wisata ke wilayah Sumatera Barat  dengan tujuan kota Bukit Tinggi, 25 – 29 Oktober 2013 lalu. Rombongan yang ikut berjumlah 21 orang yang terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas, dan beberapa guru. Rombongan berangkat Jum’at siang (25/10) dari halaman  sekolah SD Islam An-Nizam menggunakan satu unit bus. 

“Studi wisata ke Bukit Tinggi ini sengaja kami adakan adalah bagian dari program kerja kami di Dinas Pendidikan Medan Denai” tutur Kepala Sekolah SD Islam An-Nizam, Bpk Darwis S.Ag.

Banyak tempat yang dikunjungi Rombongan diantaranya : 

- Jam Gadang (Ikon Kota Bukit Tinggi)




Letak situs Jam Gadang secara administratif berada di jalan Istana Kelurahan Bukit Cangang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Jam Gadang pertama kali dibangun pada tahun 1926 dengan seorang arsitek kelahiran Bukittingi yang bernama Yazid Sutan Gigi Ameh. 

Jam yang merupakan hadiah Ratu Belanda kepada Controleur Oud Agam (sekretaris kota), HR Rookmaker, ini dibangun di “bukit tertinggi” (Bukik Nan Tatinggi) dan menghadap ke arah Gunung Merapi. Jam Besar ini didatangkan dari Rotterdam, Belanda, melalui Teluk Bayur (1926). 

Jam Gadang sebenarnya adalah buatan German yang dapat dilihat dari label kertas yang tertempel dilemari pengaman komponen jam yang berbunyi: “Abs. B. Vortmann, Turmuhrenfabrik I. W. Germany”. Mesin Jam Gadang hanya ada dua di dunia, satu di lagi tak lain adalah BigBen di London.



- Panorama Ngarai Sianok



Panorama Ngarai Sianok di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award ( PTA ) 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007.

Ngarai Sianok berhasil mengalahkan objek wisata Pantai Padang, kawasan wisata tambang di Sawahlunto, Pantai Carocok di Pesisir Selatan, Embun Pagi di Agam, Danau Kembar di Kabupaten Solok, Lembah Harau di 50 Kota dan Anai Resort di Padang Pariaman.Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah.
Ngarai ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Patahan-patahan ngarai membentuk dinding yang curam, bahkan ada yang tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.


- Gua Jepang



Gua Jepang adalah bukti sejarah pendudukan Jepang yang masih tersisa hingga sekarang. Lubang gunung yang berdinding batu keras ini panjangnya puluhan meter.  Dengan rongga berbentuk setengah lingkaran yang rata-rata tingginya sekitar dua meter itu kecuali beberapa rongga yang memaksa para pengunjung membungkuk untuk melewatinya. 

Gua ini panjang sebenarnya satu setengah kilometer, sekarang hanya sekitar 750 meter. Gua Jepang itu terbagi dalam beberapa kamar. Mulai dari lorong untuk rapat mereka, tempat makan hingga kamar para tahanan yang orang Indonesia. Ada 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 buah ruang amunisi, dua ruang makan romusha dan satu ruang sidang. 

Yang unik adalah, karena lorong gua ini punya beberapa saluran untuk ke atas tanah, beberapa lorong dipakai sebagai lorong penyergapan dan pengintaian bagi para penduduk Indonesia yang kebetulan melintasi daerah itu pada masa perang.

- Pantai Air Manis dan Patung Malin Kundang



Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Tiket masuk ke pantainya hanya sebesar Rp 8.000 untuk orang dewasa dan  Rp 5.000 anak-anak. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, Anda sudah dapat menikmati indahnya panorama keindahan Pantai Air Manis yang begitu menawan.

Layaknya pantai-pantai yang ada di Bali, di sini juga terdapat banyak jasa penyewaan papan selancar. Bagi wisatawan asal Sumbar, tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapat berselancar. Ombak di Pantai Air Manis cukup stabil dan menantang.

Puas berselancar, jangan lupa untuk menikmati hamparan pasir Pantai Air Manis yang lembut. Jangan takut kotor, karena di sini sudah banyak tempat ganti baju, mandi dan WC umum yang harga masuknya sangat murah.

Jika air laut sedang surut, Anda dapat menyeberang ke Pulau Pisang Kecil tanpa harus sewa perahu. Cukup dengan jalan kaki, Anda bisa pergi ke Pulau Pisang Kecil yang letaknya tak Jauh dari bibir Pantai Air Manis.

Selain itu, Pantai Air Manis memiliki batu yang sangat melegenda ceritanya sampai ke mancanegara. Oleh sebab itu, wisatawan mancanegara pun banyak datang ke sini hanya untuk melihat batu tersebut.





Ya, di pantai inilah terdapat batu Malin Kundang. Ceritanya, dia adalah yang dikutuk oleh bundo (ibunya) karena sifatnya yang sangat durhaka. Lalu, ibunya mengutuk Malin Kundang menjadi batu karena durhaka dan kesombongannya. Tak hanya Malin Kundang, kapal miliknya pun ikut membatu. Batunya persis seperti badan orang.

Pada hari Selasa (29/10) rombongan akhirnya sampai di Kota Medan, 
“Banyak hal yang bisa kami petik dari Studi Wisata di Sumatera Barat. Di sana kami banyak mengunjungi tempat – tempat wisata yang  Indah dan bisa di katakan bertaraf Internasional. Di sana banyak sekali objek wisata, baik berupa Wisata Alam, Sejarah maupun Budaya. Karenanya, tak salah jika kami melakukan studi wisata ke sana.” jelas Bpk Darwis S.Ag. [mh/vis]



Lihat Berita >>>

"Study Visits" Sekolah Kebangsaan Malaysia Ke SD Islam An-Nizam

Alhamdulillah, Akhirnya Bpk Darwis Mendapat Titel Master of Arth


____________________________________________

INDONESIA :

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN
Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62 
Medan Denai - 20226



Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person : 0823 6613 3650
Facebook :  annizams@gmail.com
Twitter  : @sd_annizam

0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam