Asyiikkk…Libur Akan Tiba. Enaknya Ngapain Ya ???


sd-annizam.com

#Ilustrasi

Asyikk… Libur sekolah telah tiba….

Enaknya Ngapain Ya ???



Libur sekolah tidak harus diisi dengan berlibur ke tempat-tempat wisata yang mahal atau sekedar melewatinya saja tanpa kegiatan yang bisa kita lakukan. 

Alangkah baiknya jika kita mengisi waktu tersebut dengan hal-hal yang “positif dan bermanfaat”. 


Kita bisa mengeksplorasi segala yang ada di pikiran kita kedalam suatu kegiatan yang bermanfaat. Lalu , bagaimanakah pemanfaatan waktu di libur akhir semester ? 


Pemanfaatan waktu libur akhir semester merupakan waktu yang tepat dimana kita bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat disamping waktu kita untuk rehat dari sejenak segala beban akademik di sekolah. 


Liburan digunakan sebagai wahana untuk berekreasi, beristirahat atau mungkin juga waktu untuk  membantu pekerjaan orang tua.   


Hal tersebut bertujuan agar kita dapat memanfaatkan betul waktu liburan dengan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai positif serta untuk menumbuhkan rasa semangat bekerja dan belajar walau di waktu libur, sehingga kita tidak merasa malas atau bosan karena tidak ada kegiatan di waktu liburan selain makan dan tidur.


“Pemanfaatan Waktu”


Apapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh siswa semasa liburan, baik itu rekreasi bersama keluarga, istirahat di rumah maupun bekerja membantu orang tua asal postif dan bisa mendatangkan manfaat bagi siswa yang bersangkutan maka hal tersebut sah-sah saja. 


Pada prinsipnya liburan sekolah harus diisi dengan berbagai kegiatan yang mendidik, menyenangkan, dan tentu saja harus berkesan.


Jika liburan sekolah diisi dengan kegiatan rekreasi terutama yang dilakukan bersama keluarga hendaknya para orang tua lebih selektif dalam memilih tempat wisata.


 Alangkah baiknya jika anak diajak ke tempat wisata yang syarat akan nilai-nilai edukatifnya, semisal ke museum. 


Jika liburan sekolah hanya diisi siswa dengan kegiatan di rumah, maka orang tua hendaknya bisa membimbing dan mengarahkan anaknya untuk melakukan kegiatan yang positif. Misalnya diajak bekerja bakti membersihkan lingkungan rumah, belajar memasak bagi siswa perempuan, maupun diisi dengan kegiatan membaca buku. 


Bagi siswa yang mengisi liburannya dengan kegiatan membantu orang tuanya bekerja, hendaknya melakukan semua itu dengan penuh keikhlasan dan dilandasi dengan semangat belajar agar kelak bisa menjadi anak yang  mandiri. Dalam hal ini para orang tua juga harus dapat membimbing akan merasa senang dalam melakukan pekerjaan tersebut dan mengarahkan anaknya untuk melakukan pekerjaan sesuai kemampuan mereka, sehingga mereka tidak terbebani dengan apa yang dikerjakannya.


Waktu liburan merupakan waktu untuk melepas lelah, hendaklah waktu liburan ini dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna. Agar waktu tersebut tidak terbuang percuma, dan menjadi sia-sia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang bermanfaat. Beberapa kegiatan yang bermanfaat dalam mengisi waktu luang, diantaranya :


 *Rekreasi bersama keluarga



                  
Rekreasi bersama keluarga sangat bermanfaat untuk menambah keakraban di dalam kehidupan berkeluarga. Sehingga orang tua dapat mengetahui apa-apa saja keinginan anak dan dapat mengarahkannya agar tidak tersesat. 

Dan rekreasi ini pun tidak hanya sekedar rekrasi belaka tapi juga bisa rekreasi ke tempat-tempat yang edukatif seperti kebun binatang, taman bermain anak, tempat-tempat bersejarah, dan lain sebagainya. Sehingga liburan tidak hanya melepas penat, tapi bisa rekreasi, sekaligus belajar.


*Silaturahmi kerumah keluaraga dan kerabat




Hal ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ukhuwah (persaudaraan) yang tinggi khususnya dalam keluarga. Jika dalam masa belajar seseorang disibukkan dengan kegiatan-kegiatan sekolahnya maka saat liburan adalah saat yang tepat untuk mengunjungi sanak saudara. Rasul bersabda: “ barang siapa yang ingin luaskan rizkinya maka hendaklah bersilaturahmi “.


*Berwisata alam




Nikmati pemandangan alam di pantai atau pegunungan akan membuat otak kita lebih segar. Alam selalu memberikan keindahan bagi penikmatnya. Berwisata alam tidak harus ditempat yang mahal. Banyak wisata alam murah yang dapat dijadikan alternatif mengisi liburan, diantaranya pergi ke sawah mengenalkan anak-anak tentang bagaimana para petani bercocok tanam, mengenal hewan dan tumbuhan apa saja yang ada di sawah sekalian memberikan pengalaman nyata pelajaran ekosistem. Dan ingat selalu akan keselamatan diri kita dan orang lain .


*Memanfaatkan hobi




Masa liburan adalah masa yang tepat untuk memanfaatkan hobi dan bahkan dapat menghasilkan uang dari hobi tersebut, seperti memasak waktu liburan adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan mencoba kehebatan memasak. Dan hasil masakan tersebut jika layak jual akan dapat menghasilkan tambahan rezeki.


*Mencharge hati




Waktu liburan yang paling bermanfaat adalah dengan mencharge hati. Yaitu menambah porsi ibadah yang biasa telah kita lakukan. Bisa dengan menambah waktu shalat dhuha, tahajud, dan shalat sunat lainnya. Dapat pula mengisi waktu liburan dengan memperdalam pengatahuan agama dengan mempelajari hukum-hukum islam dan tauhid. Dan akan lebih baik lagi jika dapat menghafal Al-Qur’an pada masa liburan. Sehingga liburan tidak hanya bermanfaat, tapi juga dapat pahala yang berlipat.


*Liburan di rumah




Siapa bilang liburan di rumah membosankan? Ajaklah anak untuk bersama-sama merapikan dan membersihkan rumah, misalnya menata kembali ruang kamar anak untuk memberikan suasana baru. 


Selain membuat rumah dan kamar menjadi bersih dan rapi, menata kamar sendiri juga akan mendidik anak untuk bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan kamar pribadi. Membuat hasil karya di rumah misalnya membuat keterampilan tangan bersama dan memajang hasilnya di rumah. Menonton koleksi album film anak-anak atau bermain playstation bersama di rumah. Melakukan hobi bersama akan menambah kedekatan hubungan orang tua dengan anak.


Tentunya masih banyak lagi kegiatan liburan yang dapat dilakukan. Intinya adalah isi liburan dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan serta bermanfaat bagi diri sendiri bahkan orang lain.


Nah sekarang bagaimanakah kita mengatur waktu tersebut agar semua kegiatan yang kita lakukan tidak monoton? 


Cara paling mudah adalah dengan membuat schedule atau jadwal kegiatan dalam liburan.


 Jadi dalam masa liburan target apa saja yang ingin diraih di tulisakan di secarik kertas, lalu kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan. Dan akan lebih mudah lagi jika jadwal tersebut berurutan sesuai dengan tanggal, hari dan bahkan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut. Sehingga waktu liburan dapat di isi dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak membuang percuma waktu yang ada. Dan kegiatan yang monoton yang dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan dapat dihindari.


Mungkin  ini sedikit tips berlibur yang bisa kita aplikasikan, Semoga hari libur kalian menyenangkan, bermanfaat dan punya banyak pengalaman yang bisa kalian dapat… ^_^


[edit: mh/vis]


0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam