Hikmah Buka Puasa Bersama

sd-annizam.com



Buka puasa bersama erat kaitannya dengan bulan suci Ramadhan (puasa). Pada bulan itu, ummat Islam tentu diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dan pada saat itu pula masyarakat kita pada umumnya kerap melakukan satu kegiatan yang seakan sudah membudaya, yaitu buka puasa bersama.
Acara buka puasa bersama biasanya dilakukan, baik di dalam keluarga sendiri, antar keluarga, antar teman kantor, antar teman sekolah, antar masyarakat, dan lainnya. Dan mungkin jadi bisa dilakukan bersama orang-orang yang baru kita kenal, entah saat di jalanan, di dalam mobil, atau saat berada di dalam sebuah acara.
Tempatnya pun bisa dilakukan di mana saja, mulai dari rumah, warung, cafe, rumah makan, mall, taman atau tanah lapang sekalipun. Tetapi apabila mengandung misi sosial biasanya settingan tempat berada di panti asuhan, panti yatim, panti jompo, jalanan, komunitas kaum pinggiran atau bahkan masyarakat kurang beruntung yang ada di tengah hutan atau atas pegunungan.
Semua itu dilakukan dari tahun ke tahun pada setiap bulan puasa tiba. Kebiasaan ini memang sangat bagus sekali dan perlu dipelihara. Biasanya saat acara buka puasa bersama beragam menu disediakan dari hasil uang iuran. Mulai dari kue-kue, kolek, es sirop, kurma, dan menu lainnya. Dalam momen buka puasa bersama itu biasanya dibentuk kepanitiaan guna mengatur jalannya acara dan sambutan dari ketua panitia.
Namun, tahukah kita apa makna dan hikmah di balik kegiatan buka puasa bersama itu? Ini akan menjadi ironis bila buka puasa yang sering kita lakukan pada setiap tahun di bulan puasa hanya berupa seremonial dan makan-makan saja. Mengetahui makna dan hikmah dari buka puasa menurut hemat penulis jauh lebih bermakna.
Salah satu makna dan hikmah buka puasa bersama adalah untuk merajut kembali tali silaturohim, keakraban maupun kekerabatan di antara kita, antara satu dengan lainnya. Mungkin saja di antara kita pernah mempunya masalah dan saling membuat jarak. Dengan kegiatan buka bersama diharapkan masalah itu bisa mencair dan kembali menjadi akur.
Bukan puasa bersama diyakini kuat bisa memperat hubungan meski setiap hari sering bertatap muka. Namun momen buka puasa merupakan momen yang sangat emosional di mana biasanya diselingi dengan canda dan tawa. Terlebih bila buka puasa bersama ini dikemas dalam suasana reuni entah sekolah ataupun kampus. Tentu suasana lepas rindu dan lepas kangen akan sangat begitu terasa.
Selain bermakna mempererat kembali silaturahmi antar sesama, buka puasa bersama juga mengandung nilai sosial yang tinggi. Hal itu bila dilakukan di tempat-tempat yang berbau sosial seperti panti asuhan, anak yatim, dan anak jalanan. Nilainya tentu sangat berharga. Itu berarti di dalam buka bersama bisa mengurangi beban saudara-saudara kita yang kekurangan.
Walhasil, buka puasa bersama tidak hanya sebatas acara makan-makan dan kumpul-kumpul saja. Lebih jauh dari itu adalah maknanya mengandung makna sosial dan perekat tali silaturahmi di antara kita. Semoga dengan kegiatan yang biasanya rutin dilakukan ini memberi manfaat untuk kita semua. Wallau ‘alam
‪#‎AnnizamSeru‬ 
‪#‎AnakKreatif‬ 
‪#‎YukBerprestasi‬
‪#‎IniBaruAnakMedan‬
‪#‎IniMedan‬
YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN
Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62 
Medan Denai - 20226
Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 ◆
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam
BBM >> 74DBC44F

0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam