Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional

sd-annizam.com





sd-annizam.com, Medan - Ujian Nasional adalah ujian atau tes yang di adakan oleh pemerintah Indonesia setiap 1 tahun sekali yang tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswa selama menjalani pembelajaran di sekolah.

Ujian nasional di laksanakan oleh seluruh siswa tingkat akhir baik SD, SMP dan SMA/SMK.
Mendengar kata ujian nasional memang menjadi momok tersendiri yang seringkali di takuti oleh guru, orang tua dan tentunya murid itu sendiri.

Karena apabila dinyatakan tidak lulus, biasanya siswa harus mengulang 1 tahun lagi belajar di sekolah ataupun mengikuti ujian nasional paket B (susulan) jika ada.
Rasa malu tentu akan terasa jika hal itu terjadi. Sebisa mungkin jangan sampai tidak lulus ujian nasional.

Maka dari itu persiapkanlah diri anda dari sekarang! walaupun ujian nasional 2015 dijadwalkan beberapa bulan lagi.

Berikut tips yang bisa membantu anda agar lulus ujian nasional.

1. Persiapan yang Matang dan Sedini Mungkin

Persiapkanlah diri anda dari sekarang untuk menghadapi ujian nasional 2015 mendatang. Persiapan bisa di lakukan dengan cara sering berlatih mengerjakan soal-soal latihan ataupun soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya, bisa dengan membeli buku soal-soal ataupun mendownload nya di internet. Karena dengan banyak nya latihan, anda akan terbiasa mengerjakan soal-soal nya dengan waktu yang ditentukan dan mengetahui jenis soal yang biasa muncul.

2. Berdoa

Berdoa jangan hanya dilakukan ketika hendak ujian ataupun stelah ujian saja. Berdoalah dari sekarang sesering mungkin. Mintalah petunjuk kepada Allah agar anda diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian dan di beri nilai yang memuaskan.
Ketika hari ujian tiba, jangan lupa meminta doa kepada kedua orang tua, mintalah agar anda di mudahkan dalam mengerjakan soal. Jangan lupa cium tangan kedua orang tua sebelum berangkat ujian. Ingat ridha nya Allah ada di ridha nya orang tua.

3. Percaya Diri

Ketika mengerjakan soal, percayalah terhadap kemampuan anda sendiri. Janganlah sesekali menengok melihat jawaban teman anda, karena jawaban teman anda belum tentu benar dan jika pengawas mengetahui anda curang, maka akan fatal akibatnya.
Ketidak percayaan diri saat mengerjakan ujian pun akan berakibat terbuang-buang nya waktu anda untuk mengerjakan soal. Lebih baik fokus lah pada soal, bukan fokus pada apa jawaban orang lain.

4. Tenang

Saat mengerjakan lembar ujian, jangan lah tergesa-gesa, manfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan semua soal. Namun bukan berarti anda bersantai-santai dalam mengerjakan.
Ingat ada waktu yang harus di lalui. Sesekali cek lah waktu yang telah berlalu ketika ujian agar jangan sampai kebablasan mengerjakan soal. Usahakan kerjakan soal yang anda anggap mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama terlebih dahulu.

5. Hati-hati dalam Mengerjakan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Berhati-hatilah ketika mengerjakan lembar soal komputer, jangan terlalu tekan sehingga membuat LJK sobek. Sebelum ujian, bersihkan tangan anda dari minyak atau sisa-sisa makanan lain.

Pastikan juga meja/alas tempat anda menyimpan LJK agar bersih sehingga tidak mengotori LJK. Ketika hendak menghapus jawaban yang salah, berhati-hati lah jangan sampai LJK sobek atau kotor. LJK tidak akan terbaca komputer jika kotor ataupun sobek. Persiapkan alat tulis sebelum ujian berlangsung.

Pastikan alat tulis seperti pinsil 2B, penghapus, pulpen dll siap ketika anda hendak ujian. Jangan biasakan meminjam alat tulis ke teman anda saat ujian, karena dapat membuang-buang waktu ujian anda dan teman anda.

6. Periksa Kembali Jawaban

Usahakan sisakan waktu 5-10 menit untuk memeriksa jawaban anda sebelum waktu ujian habis. Kesalahan dalam menjawab akan berakibat fatal. Usahakan jawaban semua terisi sebelum waktu ujian selesai.

"Persiapkanlah diri anda dari sekarang! 
Jangan buang-buang waktu anda !!"





0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam