Hari Pangan, Hari Peningkatan Mutu


sd-annizam.com
Senin, 16 September 2013


Foto : Terlihat Plt Walikota Medan, Bpk Dzulmi Eldin sedang mengunjungi salah satu stand

sd-annizam.com, Medan - Plt Walikota Medan Drs.H.T.Dzulmi Eldin, S.MSi  hadiri peringatan hari pangan sedunia yang ke-33 tingkat kota Medan tahun 2013 dan dirangkaikan dengan program makan ikan nasional di Lap. Pertiwi   Jln. Budi Pembangunan Brayan Kec. Medan Barat, Senin (16/09).  

Peringatan hari pangan sedunia kali ini mengangkat tema “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Pangan,” dimana acara ini akan berlangsung mulai dari tanggal 16 sampai dengan 18 September mendatang.

Dalam sambutannya Bpk Dzulmi Eldin mengatakan  kegiatan ini cukup strategis sebab kegiatan ini merupakan bagian dari sistem peringatan dini mengenai kecendrungan kebutuhan pangan tingkat daerah yang terus meningkat, pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling utama, untuk itu ketersediaan pangan bagi masyarakat harus terjamin.

“Terpenuhinya kebutuhan pangan, baik jumlah maupun mutu gizinya sanggat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan”, ujarnya.

“Oleh karenanya pembangunan ketahanan pangan masyarakat merupakan kebijakan strategis karena dampaknya pada peningkatan indeks pembangunan manusia,” Ujarnya.


Selain itu juga Dzulmi Eldin berharap agar peringatan hari pangan sedunia yang ke 33 ini dapat memberikan pengalaman dan edukasi yang luas bagi semua pihak, kegiatan ini juga diharapkan kedepannya dapat memberikan informasi seputar ketahanan pangan.

Dalam kesempatan ini, Kepala Sekolah Terbaik Kota Medan, Bpk Darwis S.Ag,  memberikan apresiasi yang besar atas ide dan gagasan dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan dalam pelaksanaan peringatan hari pangan sedunia yang ke-33 ini. 

Kita mengharapkan dengan peringatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

“Semoga dengan ajara ini  dapat mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu beragam, bergizi dan berimbang”, ujarnya.

“Sehingga dapat memasyarakat dan menjadi kebiasaan  untuk mengkonsumsi aneka menu makanan beragam, bergizi dan berimbang untuk kebutuhan sehari – hari”, ucapnya.

Sebelumnya laporan panitia yang dibacakan oleh Bpk. Arjuna Sembiring selaku Kepala Ketahanan Pangan Kota Medan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholders terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi serta menstimulasi dan memotivasi para stakeholders untuk berpartisipasi dalam pembangunan, ketahanan pangan, dan penyebaran teknologi yang efektif dan efisien guna peningkatan produksi pangan.

Selanjutnya Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba cipta menu beragam, bergizi dan seimbang yang diikuti oleh tim penggerak PKK Kecamatan Se-kota Medan, cerdas cermat pangan beragam, bergizi dan seimbang untuk tingkat SD yang diikuti 21 Kecamatan se-kota Medan, lomba masakan serba ikan, cerdas cermat pangan beragam, bergizi dan seimbang bagi kelompok wanita P2KT serta lomba pemanfaatan perkarangan bagi kelompok percepatan penganekaragaman konsumsi pangan.

Selain diisi dengan berbagai perlombaan, kegiatan ini juga diisi dengan pemberian makanan beragam, bergizi dan seimbang kepada 360 murid SD dan pemberian makanan tambahan kepada 700 murid SD yang dilaksanakan mulai dari tanggal 18 sampai dengan 25 Oktober mendatang, dalam kegiatan ini juga diadakan pameran produk olahan home industry bidang pangan yang diikuti oleh peserta kelompok binaan SKPD terkait dan stakeholders.

Dalam acara ini turut hadir Sekda Kota Medan Ir.Syaiful Bahri,MSi, Ketua DPRD kota Medan Drs.H.Amiruddin, ketua MUI kota Medan Prof.Dr.M.Hatta, seluruh SKPD se-kota Medan, Camat, lurah dan unsur koordinasi pimpinan daerah kota Medan. [mh/vis]*


*Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan
_____________________________________________________

INDONESIA :

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN
Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62 
Medan Denai - 20226

Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
CP. 0823 6613 3650
FB :  annizams@gmail.com
Twitter : @sd_annizam

0 komentar:

.




VISI - MISI SEKOLAH

VISI

"Berupaya Menjadikan SD Islam An-Nizam Sebagai SD Berkualitas yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Akhlaq Islami".

MISI

1. Memberikan pelatihan dan studi banding bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.

2. Menjalin hubungan kerja sama dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah.

3. Menegakkan disiplin kerja dan disiplin belajar di lingkungan sekolah dengan sepenuh hati.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan prestasi Murid, Guru, dan Sekolah.

______________________________

YAYASAN PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Jalan Tuba II/Perjuangan No. 62
Medan Denai - 20226


Telp. (061) 7341542 - Fax. (061) 7350605
Contac Person >> 0822 7373 8465 atau 0812 6517 5930
Facebook >> annizams@gmail.com
Twitter >> @sd_annizam